Flash

Senin, 04 Juni 2012

Penentuan Embarkasi


KAKANWIL Kemenag NTB, Drs. H. Lalu Suhaimi Ismy, menegaskan progres terbaru usulan NTB sebagai embarkasi penuh akan memasuki babak baru. Tanggal 6 Juni mendatang, Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Majdi MA dan Kakanwil Kemenag akan diundang Menteri Agama untuk penetapan dan penentuan usulan NTB sebagai embarkasi haji penuh.
“Pada tanggal 6 Juni pukul 13.00 WIB yang akan datang itulah ketentuan akhir, apakah NTB betul bisa menjadi embarkasi penuh tahun ini atau tidak. Terkait itu Menteri Agama mengundang gubernur dan gubernur siap memenuhi undangan itu,”ungkap Suhaimi Ismy dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (4/6).
Sebelumnya, Gubernur bersama Kakanwil Kemenag juga diundang oleh Menag untuk menerima penetapan NTB sebagai embarkasi hari Jumat tanggal 1 Mei. Namun pada waktu itu hanya sebatas penetapan saja, belum ditentukan apakah NTB menjadi embarkasi haji atau tidak.
Kemenag kata dia tidak bisa mendahului keputusan menteri, apakah NTB menjadi embarkasi atau ada pertimbangan lain. Namun kalaupun belum ditetapkan, tapi pihaknya optimis NTB menjadi embarkasi penuh karena berdasarkan pertimbangan yang rill dari masyarakat, terutama tentang animo dan biaya JCH yang tiap tahun berangkat dari Surabaya. Biaya yang dihabiskan untuk memberangkatkan JCH dari Mataram ke Surabaya sangat tinggi mencapai sekitar Rp 11 miliar. “Kalau NTB bisa menjadi embarkasi maka biaya itu tidak ada karena langsung diberangkatkan dari  BIL,’’ tukasnya.
Lebih jauh diutarakan, proses penetapan akhir embarkasi itu berlangsung sejak beberapa bulan sejak beroperasinya BIL. Pada rapat teknis tanggal 27 februari 2012 lalu yang dipimin Sekjen dan Dirjen Haji serta dihadiri seluruh instansi terkait dalam hal ini Perhubungan, PT AP serta maskapai khusus membicarakan tentang usulan embarkasi NTB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar