Flash

Senin, 04 Juni 2012

Antisipasi Joki SNMPTN Unram Perketat Pengawasan


Mataram, SUMBAWA POST -
Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 akan memperketat pengawasan pada pelaksanaan ujian mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya praktik perjokian yang biasanya marak terjadi.
“Upaya mencegah praktik perjokian, tahun ini kita akan memperketat pengawasan dan melakukan verifikasi personal yang akan dilakukan khusus oleh pengawas ruang,” terang Pembantu Rektor I Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Wirasapta Karyadi Senin (4/6) kemarin.
Upaya ini, menurutnya, telah terbangun dan tersistem dari panitia pusat. Termasuk pencegahan pada teknis pelaksanaan ujian SNMPTN kali ini, akan ada teknis khusus mencegah adanya praktik perjokian.
Diakuinya, sebanyak 11.800 peserta akan memperebutkan kursi Unram pada SNMPTN tahun ini. Tahun ini, Unram menawarkan 28 program studi dengan kuota 1.900 kursi. Jumlah peserta tahun ini, menurut Karyadi meningkat 11% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 10.600 peserta.Rencananya, pelaksanaan ujian tes tertulis, akan dilaksanakan tanggal 12-13 Juni 2012 mendatang.
Pada SNMPTN kali ini, Unram akan melaksanakan tes di Mataram dengan mempergunakan ruang ujian di Unram dan di sekolah-sekolah di sekitar Unram, terutama sekolah-sekolah yang berada di jalan Pendidikan Mataram dan jalan Pemuda.
Sejumlah 1.060 pengawas ujian selain dari dosen, juga akan melibatkan pegawai serta guru khusus pada sekolah-sekolah yang ditempati untuk pelaksanaan ujian tulis.
Sementara untuk jalur tes mandiri akan dilakukan setelah SNMPTN jalur tulis atau biasanya akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Sementara pelaksanaan tes untuk jalur undangan telah dilaksanakan lebih dulu, dengan kapasitas daya tampung 447.
Jurusan IPS, lanjutnya, memiliki banyak peminat, terutama pada jurusan Ekonomi Manajemen dengan jumlah pendaftar 2.600 peserta. Mereka akan memperebutkan 75 kursi. Begitu pula dengan jurusan Ekonomi Akuntansi dengan 2.700 peserta akan memperebutkan 72 kursi.
Untuk PGSD, dari 2.700 peserta akan memperebutkan 40 kursi. Sementara untuk jurusan IPA yang paling diminati adalah jurusan Kedokteran dengan 1.004 peserta akan memperebutkan 60 kursi, terdiri dari 31 jalur tes tertulis, 9 kursi untuk jalur undangan dan 20 jalur tes mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar