Flash

Senin, 04 Juni 2012

Majukan Pariwisata, Operasional Bandara KSB Ditarget Tahun Ini


Giri Menang, SUMBAWA POST -
Selama ini keluhan para wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) adalah mengenai jarak tempuh yang sangat lama dari Mataram. Artinya kendala transportasi menghambat pariwisata KSB. Karena itu, Bupati KSB KH Zulkifli Muhadli berkomitmen untuk mengoperasikan Bandara Sekongkang mulai tahun ini.
Bupati KSB KH Zulkifli Muhadli kepada Sumbawa Post disela kegiatan Barapan Kebo di Senggigi, Lombok Barat mengatakan, selama ini wisatawan menempuh perjalanan darat sekitar 6-7 jam dari Mataram ke KSB. Jika Bandara Sekongkang sudah beroperasi, wisatawan bisa menginjakkan kaki di “Bumi Undru” itu dalam hitungan menit. Perhitungannya, dari BIL – Sekongkang sekitar 20 menit sementara dari bandara Ngurah Rai, Bali – Sekongkang sekitar 30 menit.

Bandara Sekongkang sebelumnya dikelola oleh pengusaha pariwisata yang kemudian dibeli oleh Pemerintah KSB guna mempermudah kunjungan wisatawan ke daerah itu. Pemda KSB menjalin kerjasam dengan Tropical Beach Resort Sekongkang guna mengoperasikan bandar udara itu, yang diawali dengan peningkatan kualitas bandara.

Pengelola Tropical Beach Resort telah lama mengantongi ijin operasional di sekitar lokasi Bandara Sekongkang itu, sehingga memperbaharuinya, dan berkomitmen mendukung peningkatan kualitas bandara, termasuk memperpanjang landasan pacu dari 800 meter menjadi 1.200 meter.  

Peningkatan kapasitas Bandara Sekongkang itu membutuhkan dukungan anggaran sedikitnya Rp25 miliar dan sebagian dialokasikan dari APBD KSB. Diperkirakan, pada bulan Agustus mendatang bandara Sekongkang sudah bisa dioperasionalkan.   

Infrastruktur bandara yang sudah terbangun yakni menara pengawas, apron (parkir pesawat), gedung administrator bandara serta landasan pacu sepanjang 800 meter.  Bandara ini mampu didarati pesawat jenis Air Transport Regional (ATR) berkapisatas penumpang 40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar