Flash

Jumat, 08 Juni 2012

Asrama Haji Mendesak Dirampungkan




BANDARA Internasional Lombok (BIL) akhirnya resmi menjadi embarkasi haji tahun 1433 Hijriah atau 2012 Masehi. Penetapan BIL menjadi embarkasi dan debarkasi haji oleh Menteri Agama Suryadharma Ali merupakan kabar yang ditunggu-tunggu masyarakat NTB, khususnya umat Islam. Apalagi, penetapan BIL sebagai embarkasi haji ini merupakan harapan seluruh masyarakat di daerah ini.
Kini, pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tidak perlu lagi lewat Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. JCH tidak perlu lagi harus merogoh dana tambahan lagi untuk biaya penerbangan dari BIL menuju Juanda, seperti musim haji tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, JCH asal NTB tidak lagi menunggu lama saat pemberangkatan, baik di BIL atau Juanda sehingga membuat CJH lelah saat berada di tanah suci Makkah. Cukup berangkat dari Asrama Haji di Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, JCH sudah langsung diterbangkan pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.

Ditetapkannya BIL sebagai embarkasi haji oleh Pemerintah Pusat memerlukan perjuangan panjang. Sejak zaman pemerintahan sebelumnya, Pemprov NTB berjuang agar NTB -- khususnya Bandara Selaparang waktu itu -- bisa menjadi embarkasi haji. Namun, karena masih terkendala infrastruktur di bandara, untuk sementara NTB ditetapkan sebagai embarkasi haji antara. Artinya, proses imigrasi dilakukan di Asrama Haji Mataram, namun harus lewat Bandara Juanda untuk naik pesawat yang akan menerbangkan CJH ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Meski demikian, dalam mendukung penetapan BIL sebagai embarkasi haji, pemerintah daerah dan Kementerian Agama masih memiliki pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Pemerintah harus segera menyelesaikan terminal haji di BIL dan menambah kapasitas asrama haji yang bisa menampung minimal 1.200 orang.

Jika ini tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan tidak akan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada CJH  yang akan melaksanakan rukun Islam yang kelima. Apalagi, dengan ditetapkannya BIL sebagai embarkasi haji, CJH Bali dan NTT direncanakan akan berangkat dari BIL, sehingga pelayanan maksimal harus diutamakan.

Janji Gubernur NTB menjadikan BIL sebagai embarkasi terbaik di Indonesia harus didukung seluruh elemen masyarakat. Jangan sampai, pada penerbangan perdana pemberangkatan CJH ke Arab Saudi melalui embarkasi haji BIL meninggalkan kesan buruk. NTB memiliki pengalaman panjang dalam memberangkatkan CJH melalui embarkasi haji antara Mataram, sehingga apa yang diharapkan Gubernur dan jajaran pemerintah di daerah ini akan bisa terwujud. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar