Flash

Senin, 04 Juni 2012

KERAJINAN SARUNG KHAS SUMAWA (KRE’ SESEK)





Sarung khas Sumbawa yaitu sarung tenun (Kre’ Sesek) yang di buat lansung oleh masyarakat sumbawa, kre’ sesek ini terbuat dari berbagai macam jenis benang dan juga sarung ini mendapatkan kehangatan khusus di bandingkan dengan sarung biasa. 
Di tana samawa saat ini masi ada peninggalan atau pewaris pada zaman kerajaan Sumbawa, salah satunya yaitu pembuatan Kre’ Sesek (sarung tenun) asli Sumbawa yang dibuat oleh masyarakat Sumbawa. pada zaman kerajaan dulu, di istana dalam loka pun ada ruangan atau tempat khusus untuk pembuatan kre’ sesek,  kre’ sesek ini juga di gunakan sebagai salah satu pakaian adat Sumbawa.
Sampai saat ini, masih ada pewaris atau penerus pembuatan kre’ sesek Sumbawa, yang tempatnya di Desa Moyo, Desa Lengas, Desa Poto. Kre’ Sesek banyak orang yang mencarinya khususnya orang-orang seniman dan juga para wisatawan yang berkunjung ke pulau Sumbawa.
Bagi Bapak/Ibu yang ingin memiliki sarung tenun atau kre’sesek asli Sumbawa lansung saja menuju ketempat pembuatannya. Dan juga Bapak/Ibu dapat memesan sarung tenun (kre’ sesek) Sumbawa sesuai dengan motif yang anda inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar