Flash

Kamis, 03 Mei 2012

Internet, Media Dakwah Alternatif


Bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) hari ini, (2/5),  Kampung Media NTB dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (DIHUBKOMINFO) NTB menyelenggarakan kegiatan Lomba Menulis Bebas dan Bimbingan Tekhnologi (BIMTEK) untuk siswa-siswi SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Lombok Tengah dengan mengangkat tema “Internet Sehat”.  
“Ini merupakan kegiatan Roadshow Kampung Media se NTB.” Jelas Hj Darwati Kepala BPIP Dishubkominfo NTB
Lebih lanjut Darwati menjelaskan bahwa para pelajar merupakan pengguna terbanyak dari media online ini, sehingga pihaknya telah menyelenggarakan kegiatan untuk para pelajar sejak tiga tahun terahir. “Pelajar merupakan pengguna internet terbanyak, karena itu kami fokus untuk membimbing mereka untuk memanfaatkan internet secara positif bersama Komunitas Kampung Media se NTB,” tegasnya
Ketua panitia Lomba Menulis dan Bimtek, Johan Isnaini, S. Pd mengaku cukup senang karena antusiasme para peserta sangat besar. Menurut penjelasannya, awalnya panitia merencanakan kegiatan ini dihadiri hanya 100 orang siswa dari 22 Sekolah dengan alokasi masing-masing sekolah mengirimkan 4 orang siswa. Namun antusiasme sekolah yang sangat tinggi menjadikan beberapa sekolah ternyata mengirimkan peserta lebih, bahkan ada beberapa sekolah yang mengirimkan hingga 11 orang siswanya.
“Kami tak menyangka antusiasme peserta begitu besar, dari target awal hanya 100 orang menjadi 150 orang lebih” Ungkapnya.
Kegiatan yang diselenggarakan di gedung serba guna Kemenag Lombok Tengah ini berlangsung meriah. Kegiatan dimulai pukul 08.00, dan peserta sudah memenuhi ruangan sejak jam 07.00 pagi.
Setelah pembukaan, kegiatan dilangsungkan dengan lomba menulis bebas dengan tema “Internet Sehat Menurutku”. Para peserta diberikan durasi 30 menit untuk menuliskan apa yang mereka fikirkan tentang internet sehat di selembar kertas yang dibagikan panitia. Tiga Sekolah keluar sebagai penulis terbaik yakni, SMK 1 Praya Tengah, SMK 1 Batukliang Utara dan SMA 1 Kopang. Masing-masing sekolah tersebut diberikan hadiah fasilitas Internet Mobile lengkap dengan rooter-nya.
 Koordinator Kampung media NTB, Fairuz Zabadi yang menjadi pembicara saat itu menyampaikan, kehadiran tekhnologi informasi khususnya Internet yang begitu deras tak mungkin bisa ditolak. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan generasi muda adalah bagaimana memanfaatkannya secara positif.
Fairuz yang juga Ketua NU Kota Mataram itu menegaskan, Tehnologi Internet dapat dijadikan sarana dakwah untuk mengajak orang berbuat baik dan menhentikan orang untuk berbuat keburukan.
“Internet sehat itu tak sekadar beramakna bagaimana anda tidak mengakses situs-situs porno, tetapi lebih dari itu, internet harus digunakan sebagai sarana menebar kebaikan dan dakwah alternatif bagi banyak orang” Ungkapnya. 
Fairuz menambahkan, itulah sebabnya, Komunitas Kampung Media yang digagasnya di hampir semua kecamatan di NTB memilih Internet dan blog sebagai sarana penyampai informasinya.
“Karena informasi apapun yang anda tulis dan ceritakan akan langsung dibaca dan dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia dan ini adalah dakwah” katanya. 
Dalam kesempatan itu, Fairuz juga mengundang para siswa dan para guru untuk ikut menulis di Blog Kampung Media - Kampung Media yang sudah ada terutama tentang kegiatan disekolah mereka dan apa saja yang terjadi disekitarnya.
“Apa yang terjadi disekitar anda adalah informasi penting bagi orang lain, silakan anda tulis. Jangan ragu, tulisan apa saja akan dimuat, sepanjang bermanfaat untuk orang lain” Tandasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar