Flash

Rabu, 02 Mei 2012

Masih Diselidiki Kejagung Proyek Penyulingan Air Laut Pulau Maringke dan Bungin

Mataram, SUMBAWA POST,
Setali tiga uang, tim Kejaksaan Agung juga membidik proyek penyulingan (Desalinasi) air laut menjadi air tawat di Pulau Maringke Lombok Timur dan Pulau Bungin Sumbawa Besar, selain mega proyek BIL Lombok Tengah. Beberapa waktu lalu, Kejaksaan Tinggi NTB menurunkan tim untuk mengecek lokasi. Hasil pengecekan itu, hingga Rabu (2/5) kemarin masih didalami tim Jampisus Kejagung.
 
Proyek itu bernilai miliaran rupiah itu bersumber dari APBN yang dianggarkan melalui proyek Kementerian Kelautan dan Perikatan untuk masyarakat di dua pulau terpencil itu. Namun karena ada indikasi masalah, Kejaksaan Agung kemudian menurunkan tim ke lokasi untuk menyelidiki kebenaran dugaan penyimpangan itu. “Jadi atas perintah Kejaksaan Agung, kami kemudian menurunkan tim ke dua pulau itu. sampai hari ini tim Kejagung masih ada disini,” kata Aspidsus Kejati NTB, Suluh Dumadi, SH, MH, Rabu kemarin.
 
Karena lokasinya di daerah, tim Kejati juga melibatkan Kejaksaan Negeri Selong dan Kejaksaan Negeri Sumbawa saat pengecekan di lokasi. Kini pihaknya sudah mengantongi data awal tentang proyek itu, termasuk dokumentasinya. “Sekarang kami sedang dalami berdasarkan data – data awal yang sudah diperoleh tim,” sambung Suluh. Hasil pengecekan sementara, secara fisik instalasi air itu memang ada di pulau tersebut. Hasil pengecekan pun sudah disampaikannya ke pihak Kejagung. 
 
Mengenai detail nilai proyek, kontrak dan rekanan yang mengerjakannya, Suluh belum bisa menjelaskan karena sepenuhnya dikantongi pihak Kejagung. Namun dalam perkembangannya nanti akan disampaikan, jika sudah ada bukti yang mengarah ke penyimpangan.  “Dalam rangka itulah kami masih melakukan penyelidikan awal dulu. Nanti perkembangannya akan disampaikan. Yang pasti, nilai satu proyek ini besar, kisarannya miliaran,” bebernya. 
 
Sebagai gambaran, proyek yang turun dari Kementerian Kelautan dan Perikatan itu turun tahun 2011 lalu berupa instalasi penyulingan air laut menjadi air tawar. Pemasangan alat itu untuk membantu kebutuhan air bersih masyarakat di pulau Maringke Lombok Timur dan Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa Besar. ( SUMBAWA POST ).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar